Menentukan Topik Yang Tepat Untuk Membangun Sebuah Blog | Musnan Blog

Menentukan Topik Yang Tepat Untuk Membangun Sebuah Blog

Menentukan topik biasanya akan menjadi masalah awal yang biasanya selalu menghampiri bagi seorang blogger dalam membangun sebuah blog. Berbagai topik yang ada dalam pikiran ini yang membuat seorang blogger menjadi bingung.


Cara menentukan topik untuk memulai ngeblog

Mengapa bisa bingung?Kita berfikir bahwa topik yang sedang difikirkan memang bagus, namun disisi lain kita juga berfikir, apakah semua topik yang kita fikirkan bisa kita ambil? Dan apa kita bisa tetap kosekuensi dengan topik tersebut?

Itu, Anda yang bisa menjawab.

Untuk membangun sebuah blog, menentukan sebuah topik yang tepat ini tidak hanya dua sampai tiga kali dalam berfikir, namun memerlukan berkali-kali dalam berfikir, “Apakah topik yang saya ambil sudah tepat?” “Apakah topik yang saya ambil akan memiliki banyak peminatnya?”. Itu juga merupakan sebagian yang harus kita fikirkan dalam memilih sebuah topik.

Apa Saja Yang Harus Kita Lakukan Dalam Menentukan Sebuah Topik Untuk Sebuah Blog


1. Apa yang Anda Kuasai?

Salah satu cara mudah dalam menentukan sebuah topik yaitu melihat keahlian, dengan melihat keahlian, kita akan jauh lebih mudah dalam membahasnya. Mengapa? Apa yang akan kita tulis sudah tefikirkan diluar kepala, tentu saja tidak memerlukan pemikiran yang terlalu over dalam membahas sebuah konten untuk sebuah artikel yang ingin Anda terbitkan.

2. Siapa Audiens Anda?

Salah satu cara dalam menentukan sebuah topik yaitu dengan melihat untuk siapa topik tersebut diberikan. Dengan cara melihat peminat, kita juga akan lebih mudah dalam menyimpulkan, topik seperti apa yang nantinya akan saya ambil.

Jika Anda ingin mengambil sebuah topik namun disisi lain topik tersebut ditujukan terutama untuk remaja. Semisal Anda memilih topik pembahasan mengenai percintaan, Anda juga sudah bisa menyimpulkan bahwa topik yang saya ambil akan banyak diminati oleh remaja.

3. Satu Topik atau lebih?

Dalam menentukan sebuah topik Anda juga harus selalu mempertimbangkan, berap topik yang nantinya akan saya ambil. Sebetulnya saya sendiripun tidak bisa menyarankan “Harus”, berapa banyak topik yang akan Anda ambil nantinya. Tidak ada salahnya juga, memilih satu topik atau lebih. Namun disisi lain, alangkah baiknya jika Anda mengambil satu topik untuk sebuah blog.

4. Jangan Terpancing Dengan Tranding Topik

Hal yang satu ini juga dikatakan salah dan juga benar dalam hal memilih topik, mengapa? Sebagai contoh saja.

Topik yang saat ini sangat populer dan menjadi tranding topik entah di medsos, youtube, bahkan situs berita yaitu mengenai dunia artis. Namun Anda tidak begitu respon, apakah Anda akan mengambil topik yang saat ini sedang populer? Apa lagi Anda tidak begitu menyukai tentang dunia gosip, pasti tidak kan.

5. Apa yang Paling Anda Minati

Jika memang Anda belum bisa menentukan topik yang paling tepat untuk Anda pilih, Anda bertanya pada diri Anda!. Seperti apa topik yang paling saya minati, tidak harus bisa 100% melainkan Anda harus tetap konsekuesi dan berusaha untuk membuat topik yang saya ambil itu bisa menarik pengunjung.

6. Saran Orang Lain

Anda pun bisa mengambil saran sebuah topik yang telah diberikan orang lain, namun Anda juga perlu mempertimbangkan dengan matang, jangan asal ambil. Anda perlu menganalisa terlebih dahulu, kelebihan dan kekurangannya. Jika memang sudah, tariklah sebuah kesimpulan, apakah topik yang disarankan dari orang lain itu harus saya ambil atau tidak.

7. Inspirasi

Untuk menentukan sebuah topik dalam membangun sebuah blog tidak dituntut harus sama dan tidak dengan orang lain. Jika memang Anda menemukan sebuah ide dari blog orang lain, Anda juga perlu membuat topik yang sama itu menjadi berbeda agar menjadi lebih unik dan menarik, tentunya akan menjadi hal yang menonjol yang tidak dimiliki oleh blog lain.

Anda juga bisa mengambil sebuah topik yang memang itu ispirasi dari dalam hati, inspirasi yang berbeda dan belum ada yang menciptakan. Itu juga akan menjadi suatu hal yang unik dan menarik bagi orang lain.

Alasan Mengapa Dalam Memilih Sebuah Topikn Perlu Dipertimbangkan


Berhasil dan tidak Ini adalah hal yang umum sekali terjadi oleh seorang Blogger, apakah akan berhasil dan tidaknya untuk membangun sebuah blog. Dalam arti, seorang Blogger akan bisa berhasil dan tidaknya tergantung pada pemilihan topik yang tepat.